Teleskop Hubble Mengungkapkan Pandangan Terjauh Alam Semesta


Teleskop Hubble telah berhasil menangkap gambar alam semesta terjauh yang belum pernah tertangkap sebelumnya, sebuah foto yang mengungkapkan ribuan galaksi berjarak miliaran tahun cahaya. 
Gambar yang dinamakan Deep Field eXteme atau XDF adalah gabungan dari 10 tahun pandangan teleskop Hubble. Cahaya yang dikumpulkan selama periode pengamatan dapat mengungkapkan objek terjauh tersebut.
Foto ini merupakan lanjutan dari Hubble “Ultra Deep Field”, gambar teleskop Hubble pada tahun 2003 dan 2004, kumpulan dari cahaya selama berjam-jam untuk mengungkapkan ribuan galaksi terjauh dalam pandangan terdalam alam semesta. XDF adalah gambaran alam semesta berusia 13,2 miliar tahun di masa lalu. Alam semesta saat ini diperkirakan berusia 13,7 miliar tahun.
XDF memungkinkan para peneliti untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi alam semesta di masa lalu yang belum pernah terungkap sebelumnya. Foto ini mengungkapkan berbagai galaksi, dari yang berbentuk spiral hingga berbentuk gumpalan merah kabur yang merupakan tabrakan antar galaksi. Beberapa galaksi yang tampak kecil dan samar diperkirakan adalah galaksi yang berpotensi menjadi galaksi terbesar saat ini.
Teleskop Hubble telah mengungkapkan sebanyak 5.500 galaksi, banyak diantaranya merupakan galaksi yang lahir tidak lama setelah kelahiran alam semesta. Galaksi paling muda yang ditemukan di XDF berusia 450 juta tahun setelah kelahiran alam semesta pada Big Bang.
Teleskop Hubble diluncurkan di bulan April 1990, dan telah dikunjungi sebanyak lima kali oleh pesawat ulang alik untuk perbaikan dan upgrade. Teleskop Hubble merupakan kolaborasi antara NASA dan European Space Agency dan masih beroperasi dalam kondisi baik.

Skala XDF 
Ukuran XDF dibandingkan dengan ukuran bulan, beberapa ribu galaksi yang masing-masing terdiri dari miliaran bintang, berada dalam pandangan kecil ini.

Diagram XDFGambar XDF menunjukkan galaksi dewasa berusia 5-9 miliar tahun yang lalu, protogalaxies melampaui 9 miliar tahun. 


http://www.mobgenic.com/2012/09/29/teleskop-hubble-mengungkapkan-pandangan-terjauh-alam-semesta/

0 Response to "Teleskop Hubble Mengungkapkan Pandangan Terjauh Alam Semesta"

Post a Comment