5 Petinju Paling Sukses Terjun ke Politik

Ada beberapa kesamaan antara dunia tinju dan politik. Meski sekilas terkesan jauh berbeda, namun keduanya dihubungkan dengan benang merah berupa kemampuan mengatur strategi menghadapi lawan-lawannya.

Alasan itu yang tampaknya melatari beberapa petinju kondang dunia terjun ke dunia politik. Nah, berikut ini lima petinju terbaik yang memutuskan untuk terjun ke dunia penuh intrik itu:

5. John McCain
Sosok tangguh ini telah berada di angkatan laut Amerika Serikat selama 22 tahun. Ketangguhannya telah teruji saat ia pernah menjadi tawanan perang di Vietnam. Dia juga dikenal sebagai petinju kelas ringan yang handal di US Naval Academy.

Saat ini, McCain menjadi seorang senator senior Amerika Serikat untuk daerah Arizona. Ia telah memangku jabatan sebagai senat selama 25 tahun. Meski telah terjun ke dunia politik, namun ia tetap dikenal sebagai fans berat tinju. Dan kecintaannya pada tinju ia terapkan saat ikut menyusun Undang-undang Keselamatan Tinju Profesional dan Undang-undang Reformasi Tinju Muhammad Ali.
Theodore Roosevelt
4. Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat dari tahun 1901 hingga 1909. Dia seorang petinju handal saat masih kuliah di Universitas Havard. Kecintaan Roosevelt pada dunia tinju juga ia buktikan saat menempati Gedung Putih. Di bangunan megah itu, Roosevelt membuat secara khusus sebuah ring tinju.
Pertarungan Vitali Klitschko (kanan) melawan Dereck Chisora
3. Vitali Klitschko
Vitali Klitschko telah mendominasi tinju di kelas berat. Petinju Ukraina ini dikenal sangat garang dengan kelebihan tinggi badan yang dimilikinya. Dia telah memenangkan 41 dari total 47 pertandingan dengan kockout (KO).

Klitschko kini mulai serius terjun ke dunia politik di negaranya. Tujuannya sangat mulia yakni memberantas korupsi yang telah mewabah di Ukraina. Ia akan maju dalam pemilu untuk menduduki kursi parlemen Ukraina pada 28 Oktober mendatang.

Alexis Arguello (kanan) di masa jayanya menghadapi Aaron Pryor

2. Alexis Arguello

Sosok berjuluk The Explosive Thin Man ini dikenal sebagai petinju terbaik kelas ringan junior versi Ring Magazine. Dengan berat hanya 135 pounds, ia pernah menkanvaskan seorang petinju yang ukurannya dua kali lipat dari berat badannya. Ia juga petinju yang sangat enak di tonton. Duel paling dikenang dari sosok Arguello adalah saat menghadapi Aaron Pryor dan Ray Mancini.

Kini Arguello juga terlibat dalam politik di negaranya, Nicaragua. Ia bergabung dengan Sandinista National Liberation Front (FSLN). Arguello diangkat menjadi walikota Managua pada 8 November 2008 setelah menang tipis dalam pemilu dengan mengantongi suara 51.30%.

1. Manny Pacquiao

Siapa yang tak kenal Manny Pacquiao. Petinju kebanggaan rakyat Filipina ini terkenal di seantero jagad. Dia menjadi petinju pertama yang berhasil memegang juara dunia di delapan kelas berbeda. Kecepatan tangan, kekuatan pukulan dan etos kerja menjadi nilai lebih Pacquiao.

Petinju berjuluk Pacman ini kini telah terjun ke dunia politik. Pada 13 Mei 2010, ia menjadi anggota kongres di distrik Sarangani. Dia juga memenangkan pilkada dengan kemenangan mutlak. Dia punya rencana untuk maju sebagai gubernur Provinsi Sarangani pada pemilihan 2013 mendatang.

http://sport.news.viva.co.id/news/read/361042-5-petinju-paling-sukses-terjun-ke-politik

0 Response to "5 Petinju Paling Sukses Terjun ke Politik"

Post a Comment