Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 28 Oktober 2012

Inilah alasan lirik Indonesia Raya diminta direvisi


Ketua Lembaga Musik Indonesia, R Eddi Herwani Didiet Mahaswara mengusulkan agar lirik lagu 'Indonesia Raya' direvisi. Lirik yang dimaksud adalah 'Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku'.

Pihaknya menilai, lirik tersebut sudah tak lagi sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini.

"Bahwa pada 28 Oktober 1928 adalah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan dan karena dibuat secara darurat maka beberapa lirik kalimat lagunya kini dianggap tidak kontekstual lagi. Ada sebagian syair/lirik lagu kalimat lagu yang diusulkan perlu direvisi agar agar lebih memiliki kekuatan makna," kata Ketua Lembaga Musik Indonesia, R Eddi Herwani Didiet Mahaswara kepada merdeka.com, di Gedung Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya 26, Jakarta Pusat, Minggu (28/10).

Menurutnya, saat menciptakan lagu, WR Supratman menulis lirik lagu Indonesia Raya dengan tersamar. Hal itu dilakukan demi alasan keamanan. Sebab, saat itu intel penjajah Belanda berada di mana-mana.

"Misalnya memakai Indones untuk nama Indonesia dan moelia menggantikan kata merdeka. Selanjutnya, pada saat kemerdekaan RI 1945 kata Indonesia dan merdeka tersebut telah ditetapkan dalam lagu Indonesia Raya tetapi pada kalimat 'Di sanalah aku berdiri dan menjaga pandu ibuku' yang kemudian dinyanyikan menjadi 'Jadi pandu ibuku' belum disesuaikan sehingga dapat diartikan multi tafsir sehingga tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, dengan pengertian bahwa bangsa Indonesia tidak memiliki pijakan yang jelas di negerinya sendiri sebagai pandu/penunjuk jalan atau memandu/memimpin seorang ibu meski diartikan sebagai ibu pertiwi," katanya.

Lirik lagu Indonesia Raya kini digugat. Ketua Lembaga Musik Indonesia, R Eddi Herwani Didiet Mahaswara, menggugat agar salah satu lirik dalam lagu Indonesia Raya yaitu 'Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku' direvisi.

Mereka mengusulkan agar lirik itu diubah menjadi menjadi 'Dengan tegak aku berdiri, jadi pandu bangsaku' dan versi kedua 'Dengan sigap aku bersiap, untuk membela negeriku'.

Tak hanya itu, mereka juga meminta agar di bagian awal reff, lirik 'Indonesia raya' diubah menjadi 'Indonesia jaya' dan diakhir reff tetap 'Indonesia raya.'


http://www.merdeka.com/peristiwa/alasan-lirik-indonesia-raya-diminta-direvisi.html

Bantu Sebarkan Artikel Menarik Diatas Ya...


Ditulis Oleh : Indonesia Hari: 15.33 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar