Penghuni Rutan dan Lapas yang Hapal 1 Juz Alquran dapat Rp. 2,5 Juta


Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sihabudin menjanjikan Rp 2,5 juta untuk penghuni lapas dan rutan yang hapal satu juz Alquran. Bagi penghuni yang mampu menghapal dua juz dan seterusnya akan mendapatkan kelipatannya.

"Saya tantang narapidana dan tahanan se-Indonesia untuk bisa menghafal dan membacakan satu juz Alquran. Bagi yang bisa, saya kasih Rp 2,5 juta. Kalau dia sanggup hafal lima juz berarti bisa dapat Rp 12,5 juta," kata Sihabudin di Rutan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (9/11/2012).

Sihabudin menyampaikan hal tersebut di masjid rutan dan disaksikan sekitar 20 penghuni rutan yang sedang bersiap melakukan salat Jumat. Namun tawaran menggiurkan itu sepertinya tidak bisa disanggupi. Buktinya mereka malah menawar untuk surat Alquran yang pendek saja.

"Jangan surat-surat pendek dong," jawab Sihabudin menanggapi tawaran para penghuni.

Sihabudin mengaku dalam setiap kunjungannya ke rutan atau lapas, ia selalu menyampaikan tantangannya tersebut. Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, baru satu penghuni rutan di Jawa Timur yang berhasil menjawab tantangannya.

"Tapi kemarin sudah ada laporan dari Kepala Rutan Kraksaan Jawa Timur bahwa tahanannya ada yang sanggup menjawab tantangan saya. Dan saya akan segera ke sana untuk membuktikannya," ujar Sihabudin.

Sihabudin juga meminta para penghuni Rutan Siak tidak hanya membaca Alquran. Namun juga menghafal dan mengamalkannya dalam kehidupan.

"Nah kalau sudah dibaca berulang-ulang, Insya Allah nanti akan bisa," kata Sihabudin yang diketahui hafal Alquran dan fasih berbahasa Arab.

Nilai yang hendak Sihabudin tanamkan melalui tantangan tersebut adalah agar para penghuni lapas dan rutan memiliki kesibukan religius. "Sehingga, kebutuhan rohani mereka akan terpenuhi dan secara tak langsung akan memperbaiki akhlak atau budi pekerti mereka," tutup Sihabudin.


http://news.detik.com/read/2012/11/09/133339/2087160/10/rp-25-juta-bagi-penghuni-rutan-dan-lapas-yang-hapal-1-juz-alquran

0 Response to "Penghuni Rutan dan Lapas yang Hapal 1 Juz Alquran dapat Rp. 2,5 Juta"

Post a Comment