Exxon, Perusahaan Paling Berharga Sedunia

Raksasa perusahaan minyak Amerika Serikat, Exxon, kembali melangkahi posisi Apple sebagai perusahaan paling berharga sedunia. Ini setelah harga saham Apple, pembuat iPhone dan iPad, merosot. Harga saham Apple anjlok sehingga kapitalisasi pasar anjlok menjadi 413 miliar dollar AS.
Di sisi lain, nilai kapitalisasi pasar untuk Exxon naik menjadi 418 miliar dollar AS pada Kamis (24/1/2013). Harga saham Apple anjlok lagi pada Jumat menjadi 439,88 dollar AS per lembar dan harga saham Exxon naik menjadi 91,73 dollar AS per lembar. Apple pertama kali melampaui posisi Exxon pada tahun 2011 dan mengambil posisi Exxon sebagai perusahaan paling berharga sejagat sejak tahun 2005. Namun, penurunan harga saham Apple terus terjadi sejak awal 2012 hingga Jumat lalu dan membuat Exxon kembali bertengger di urutan teratas.

Harga saham Apple mencapai puncak pada September 2012 seharga 705,07 dollar AS per lembar saham saat iPhone 5 diluncurkan. Perusahaan minyak China, PetroChina, seharusnya memiliki nilai kapitalisasi pasar yang melampaui Exxon dan Apple. Akan tetapi, nilai saham PetroChina didasarkan pada harga-harga saham di Bursa Saham Shanghai, yang terisolasi dari keuangan dunia karena peraturan China.
Apple dan Exxon adalah bagian dari sekitar enam perusahaan di AS yang pernah mencapai nilai kapitalisasi pasar di atas 500 miliar dollar AS. Apple dan Microsoft Corp adalah dua perusahaan AS yang pernah mencapai rekor dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar 600 miliar dollar AS.

http://internasional.kompas.com/read/2013/01/26/13180358/Exxon.Perusahaan.Paling.Berharga.Sedunia

0 Response to "Exxon, Perusahaan Paling Berharga Sedunia"

Post a Comment