iklan

7 karnaval terbesar sejagat

Karnaval menjadi acara tahunan paling ditunggu di tujuh negara ini. Kehadirannya amat istimewa sehingga setiap orang merayakan dengan suka cita. Parade ini bahkan diminati pula oleh para wisatawan dari seluruh dunia.
Banyak keistimewaan karnaval, diantaranya kostum menarik, kemasan acara spektakuler, dan kemeriahan serta kesenangan tidak bisa tergantikan. Biasanya parade dibuat untuk memperingati peristiwa tertentu atau menjadi bagian festival budaya.
Dilansir dari situs dirjournal.com, inilah tujuh karnaval paling besar sejagat. Berikut ulasannya.

1. Rio de Janeiro (Brasil)

Tujuh karnaval terbesar sejagat
Ini dia karnaval paling dinanti tak hanya warga Brasil tapi seluruh dunia. Karnaval di Ibu Kota Rio De Janeiro ini dimulai pada 1641 dan terus mengalami peningkatan mulai dari tata busana, tampilan kendaraan, dan kreativitas terbaik. Tema selalu berbeda setiap tahunnya, namun tetap dengan ciri khas warna-warni.

satu tokoh karnaval paling ternama yakni Raja Momo dilambangkan dengan kunci emas dan perak menjadi petunjuk acara dimulai. Parade goyang dan lomba menari samba terbaik menjadi rangkaian paling ditunggu. Banyak kelompok karnaval ambil bagian perayaan ini, bahkan mereka rela membayar hingga Rp 9,5 miliar demi menyiapkan parade digelar saban 13 dan 16 Februari itu.

2. Karnaval Venesia (Italia)

Tujuh karnaval terbesar sejagat
Karnaval di Kota Venesia, Italia, menjadi parade terbesar kedua di dunia. Acara ini diadakan sekitar dua minggu sebelum datangnya Hari Paskah, dikenal dengan nama Mardi Gras. Acara ini terdiri parade, konser, dansa, dan kegiatan lain.
Peserta mengenakan kostum dan topeng khas tradisi Italia di abad ke-14. Pada zaman itu penggunaan topeng dimaksudkan agar derajat setiap orang sama, tidak melihat miskin atau kaya. Setiap tahunnya 30 ribu orang datang ke Venesia untuk melihat karnaval ini.

3. Karnaval Nice (Prancis)


Karnaval Nice merupakan parade utama digelar setiap tahun di negara ini. Para peserta berpesta semalam suntuk, menyalakan kembang api, meminum bir, sebagai rangkaian acara Mardi Gras. Mereka juga membuat patung kepala kartun sebanyak 500 buah.

Pada hari terakhir, makin banyak pertunjukan diperlihatkan. Tata suara dan lampu spektakuler juga memadati karnaval diadakan sejak 1873 ini. Bahkan tiap tahun pemerintah Prancis menunjuk komite untuk mempersiapkan acara itu.

4. Karnaval Santa Cruz de Tenerife (Spanyol)

Tujuh karnaval terbesar sejagat
Karnaval di Kota Santa Cruz de Tenerife, Spanyol, menjadi acara penting saban tahun di negara itu. Meriahnya hampir sama dengan festival di Ibu Kota Rio De Janeiro, Brasil.

Parade ini dibagi menjadi dua. Acara resmi dan karnaval jalanan. Di acara resmi, ratusan kelompok memperlihatkan kemampuan mereka dalam berkreatifitas. Sementara karnaval jalanan hanya partisipasi warga dengan kostum untuk memperingati parade itu.

Musik diperdengarkan dan lagu karibia menghentakkan tubuh dan kaki bakal menggoyang seluruh penduduk Spanyol dan pendatang khusus melihatnya.

5. Karnaval Binche (Belgia)

Karnaval di Belgia diselenggarakan di Kota Binche saban tahun untuk memperingati Mardi Gras. Parade ini sudah ada sejak abad ke-14. Tokoh utama dalam acara ini bernama Gilles, seorang badut lucu mewakili kesenangan dan kemeriahan menyambut salah satu hari paling penting dalam agama Kristen.
Gilles digambarkan dengan baju warna terang mencolok mata, bertopeng karet, dan mengenakan sepatu kayu. Sekitar ribuan ayah dan anak usia tiga hingga 60 tahun berkostum seperti Gilles.

Dalam karnaval, para peserta juga membawa sekeranjang jeruk yang siap dibagi-bagikan pada pengunjung hadir.

6. Karnaval Berlin (Jerman)

Sejak 1996, setiap sudut jalan di Ibu Kota Berlin, Jerman, dipadati warga untuk menyaksikan karnaval terbesar di negara itu. Parade ini untuk memperingati keragaman budaya ada di Jerman.

Jerman telah menjadi negara dari 450 ribu penduduk dari berbagai belahan dunia, dan Berlin menjadi Ibu Kota internasional. Karnaval itu menampilkan ragam tradisi dan budaya setiap negara. Anda bisa menikmati tarian samba, hentakan alat musik pukul dari Brasil, musik tradisonal Korea, dan lain sebagainya.


7. Karnaval New Orleans (Amerika Serikat)

Amerika Serikat juga memperingati Mardi Gras dengan mengadakan karnaval saban tahun. Perayaan ini telah ada sejak 1800-an. Rangkaian acara selalu bertema kepedulian pada ragam budaya yang ada di Kota New Orleans, Negara Bagian Louisiana.

Tidak seperti karnaval lain kerap menggunakan banyak warna, parade ini memakai tiga dominasi warna yakni hijau, ungu, dan emas, menandakan keadilan, kekuatan, dan kepercayaan

http://www.merdeka.com/dunia/tujuh-karnaval-terbesar-sejagat/karnaval-new-orleans-amerika-serikat.html

0 Response to "7 karnaval terbesar sejagat"

Post a Comment