Benarkah CNN Sebarkan Berita Palsu?

CNN Sebarkan Berita Palsu
CNN salah satu jaringan media yang berbasis di Amerika dituding telah melakukan pembuatan dan penyebaran berita palsu. Kabar ini disampaikan oleh salah satu mantan koresponden CNN, Amber Lyon. Menurut Lyon selama bekerja di CNN ia telah mendapatkan perintah untuk mengirimkan berita-berita palsu atau menghapus berita-berita yang tidak disetujui oleh pihak otoritas Amerika.
Dilansir dari Republika Online, Amber Lyon mengungkapkan bahwa penyebaran berita palsu ini dimaksudkan untuk melakukan propaganda agar pihak Amerika mendapat dukungan untuk melakukan serangan terhadap Iran dan Suriah. Lyon menambahkan bahwa aksi penyebaran berita palsu ini tidak hanya melibatkan CNN tetapi juga beberapa media besar lain yang berbasis di Amerika. Skenario terhadap Iran dan Suriah ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Amerika untuk mendapatkan dukungan menggempur  Irak pada 2003 lalu.
Selain membantu propaganda Amerika, menurut Lyon CNN juga menerima uang dari pemerintahan di beberapa negara untuk mengedit konten berita. Salah satu contohnya adalah saat CNN menerima uang dari rezim di Bahrain untuk menyensor film dokumenter yang berisi kebrutalan saat menangani protes damai rakyat Bahrain.

Walau CNN sendiri sebenarnya telah mengeluarkan bantahan terhadap isu ini namun beberapa pengamat menilai bantahan CNN itu tak pernah menyentuh isu utama mengenai uang yang mereka terima dari berbagai pihak atas berita yang mereka muat. CNN juga dianggap membuat pengalih perhatian dengan membahas fakta yang tidak penting, yang oleh Amber Lyon kemudian juga disanggah kebenarannya.
Sebenarnya ini bukanlah serangan pertama terhadap situs berita CNN. Beberapa klaim lain mengenai berita bohong yang dibuat oleh CNN pernah mencuat ke publik termasuk pembuatan video-video palsu tentang kondisi berbagai negara Islam dan negara-negara Timur Tengah.

0 Response to "Benarkah CNN Sebarkan Berita Palsu? "

Post a Comment