Chunghwa, Manufaktur Taiwan Jajaki Pabrik Tablet di Indonesia

Indonesia melalui Kamar Dagang Industri (Kadin) tengah menjajaki kemungkinan mendatangkan Chunghwa, perusahaan manufaktur asal Taiwan, untuk membangun pabrik komputer tablet di Tanah Air.

"Kami sedang menjajaki kerja sama dengan Chunghwa perusahaan manufaktur milik BUMN Taiwan," kata Wakil Ketua Umum Bidang IT, Telekomunikasi, Penyiaran, dan Ristek Kadin Indonesia Didi Suwondo, di IndoTelko Forum, Balai Kartini, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Menurut Didi, kerja sama tersebut bagian dari rencana pemerintah dan perusahaan swasta yang tergabung dengan Kadin Indonesia untuk ikut mendukung dunia pendidikan di Indonesia.

"Rencananya, komputer tablet tersebut akan dipasok untuk pelajar SD hingga SMA. Pemenuhan perangkat komputer sejalan dengan semangat meningkatkan kualitas pendidikan nasional," katanya.

Didi menjelaskan, untuk merealisasikan kerja sama tersebut, Kadin Indonesia akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Perindustrian, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Dalam jangka panjang realisasi pabrik tersebut dapat memproduksi tablet hingga 23 juta unit," ujarnya.

Meski begitu Didi belum menyebutkan berapa investasi yang akan disiapkan untuk membangun pabrik tablet yang dimaksud, karena masih dalam penjajakan

Ia hanya menjelaskan, perusahaan Indonesia yang siap bermitra dengan Chunghwa sudah menyiapkan lahan yang akan menjadi lokasi pabrik di salah satu kawasan industri di daerah timur Jakarta.

Pada kesempatan itu, Didi menuturkan, kerja sama dengan Chunghwa tersebut tidak ada kaitannya dengan belum kunjung terealisasinya realisasi Foxconn perusahaan manufaktur asal Taiwan untuk membangun pabrik perangkat TI di Indonesia.

"Bukan karena Foxconn belum jelas sampai saat ini, tapi murni karena kebutuhan perangkat tablet," ujarnya lebih lanjut.

Belajar dari Foxconn menurut Didi, yang penting disiapkan pemerintah untuk mendatangkan mitra investasi adalah terkait dengan insentif seperti lokasi industri yang strategis, infrastruktur transportasi dan pelabuhan, buruh, dan termasuk kebijakan bebas bea masuk, maupun insentif berupa tax holiday.


http://inet.detik.com/read/2014/03/18/184116/2529636/319/2/manufaktur-taiwan-jajaki-pabrik-tablet-di-indonesia

0 Response to "Chunghwa, Manufaktur Taiwan Jajaki Pabrik Tablet di Indonesia"

Post a Comment