5 Hal Seputar Indonesia yang Terkenal di Jepang

Jepang pernah menjajah Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945. Selama itu pula rakyat Indonesia dibuat menderita dengan kebijakan-kebijakan sadis yang diterapkan Jepang. Seperti kerja paksa, penyiksaan, sampai pembunuhun kejam terhadap tokoh-tokoh penting Indonesia.

Kini puluhan tahun telah berlalu. Indonesia telah merdeka, namun peristiwa penjajahan tersebut tak akan pernah dilupakan masyarakat Indonesia maupun penduduk Jepang sendiri. Selain peristiwa tersebut, ada lagi beberapa hal seputar Indonesia yang rata-rata masyarakat Jepang mengetahuinya. Apa saja itu ?

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno begitu terkenal di Jepang. Selain jadi kunci utama kemerdekaan Indonesia, pria kelahiran 1901 ini merupakan Presiden pertama Indonesia dalam periode 1945 sampai 1966.

Selain itu, Ir. Soekarno juga memiliki istri yang berasal dari Jepang. Dia adalah Ratna Sari Dewi (Naoko Nemoto). Ratna yang dulunya bekerja sebagai Geisha dipersunting Bapak Proklamator Indonesia sebagai istrinya yang ke-5.

2. Pulau Bali
Sebenarnya tak hanya penduduk Jepang saja yang mengenal Bali, bahkan hampir setengah dari penduduk dunia mengenal destinasi wisata yang ada di Indonesia ini. Pantai-pantainya yang indah ditambah dengan suasana pedesaaan yang begitu asri menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Dewata.

Menariknya lagi, masyarakat Jepang justru lebih mengenal kata “Bali” daripada “Indonesia”. Hal ini mungkin karena faktor keberadaan restoran Bali yang tersebar di segala penjuru Jepang.

3. Film The Raid 2: Berandal
Kesuksesan film The Raid Redemption kemudian diteruskan pada film keduanya yang berjudul “The Raid 2: Berandal”. Dalam film yang dibintangi Iko Uwais tersebut jauh lebih seru karena melibatkan lebih banyak aktor.

Bahkan tak hanya aktor dari Indonesia saja yang terlibat dalam film garapan sutradara Gareth Evans ini. The Raid 2 juga mengajak sejumlah aktor dari Jepang, seperti Kazuki Kitamura, Ryuhei Matsuda, dan Kenichi Endo.

4. Garuda Indonesia
Untuk urusan maskapai penerbangan, Indonesia boleh berbangga karena memiliki Garuda Indonesia. Maskapai yang didirikan pada tahun 1949 ini termasuk ke dalam 10 besar maskapai terbaik di dunia.

Nama besar Garuda Indonesia ternyata juga dikenal oleh masyarakat Jepang. Bahkan sejumlah turis asal Jepang jika ingin ke Indonesia lebih tertarik menggunakan pesawat Garuda Indonesia daripada maskapai asli Jepang.

5. Nasi goreng dan mie goreng

Sebenarnya ada banyak masakan asli Indonesia yang telah ‘Go International’. Seperti baru-baru ini nasi padang yang dijadikan lagu oleh Kvitland, musisi asal Norwegia.

Namun bagi masyarakat Jepang, mereka telah jatuh hati dengan nasi goreng dan mie goreng. Dua masakan dari Indonesia ini begitu terkenal disana. Apalagi kalau yang membuat adalah orang asli Indonesia.

http://www.bacatulisan.com/2016/10/5-hal-seputar-indonesia-yang-terkenal-di-jepang.html

0 Response to "5 Hal Seputar Indonesia yang Terkenal di Jepang"

Post a Comment