The Jakarta Warriors, Sosok-sosok Pahlawan pada Tragedi Sarinah


Jakarta kamis kemarin diguncang bom, lima pelaku pengeboman akhirnya berhasil di lumpuhkan oleh aparat keamanan Indonesia, dan ada tokoh-tokoh pemberani di balik peristiwa insiden pemboman kawasan Sarinah. Para pemberani tersebut saya beri nama ‘Jakarta Warrior’, siapa sajakah mereka itu?

AKBP Untung Sangaji
Masih ingat tayangan pria berbaju putih yang menembakkan pistol beberapa kali, sempat disebut pria berbaju putih misterius. Ternyata beliau adalah AKBP Untung Sangaji.
AKBP Untung yang saat itu sedang ngopi dan mendengar ledakan segera bergegas menghampiri lokasi bersama seorang rekannya.
Ketika sedang mengevakuasi korban ledakan yang tergeletak di pos polisi terdengar ledakan susulan yang membuat warga berhamburan berlarian. Saat itu Untung melihat ada pelaku yang memegang senjata dengan bom yang kemudian dilempar dan meledak.
Dalam ledakan berikutnya di Strabuck, Untung melihat ada anggota Polisi yang juga tertembak. Terlihat dari sisi kiri Starbuck, Untung melihat pelaku memakai ransel dengan memegang senjata dan tangan kiri memegang bom.
“Karena kita Polisi dilatih untuk siap mati, saya hampiri dan berteriak ke warga yang ramai, Awas Menyingkir Ada Bom! awalnya saya hantam dia di kaki, ada bom yang jatuh dari badannya yang kemudian meledak, begitu ada gerakan tembak menembak terlihat lagi ada bom disitu yang keluar dari badannya, saya tembak langsung,” ungkap Untung.

Kapolsek Menteng
Kapolsek Menteng AKBP Dedy Tabrani tak mengira kedatangannya ke gerai kopi Starbuck di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, disambut lemparan granat rakitan dan tembakan.
Baku tembak pun tak terelakkan antara Dedy yang bersama dengan sejumlah perwira kepolisisan dengan pelaku pengeboman yang bersembunyi di gerai kopi tersebut.
“Bomnya dilempar begitu kami turun dari mobil dan mau masuk kedalam sini,” ujarnya. Tembakan demi tembakan dilancarkan dari dalam kedai oleh para pelaku. Lantas merekapun melancarkan tembakan balasan.
Terjadi baku tembak sekitar 45 menit dan akhirnya tiga pelaku tewas usai baku tembak dengan sejumlah anggota polisi tersebut.
“Yang saya tembak sepertinya hanya satu orang, “ kata AKBP Dedy 

Tukang Ojek GoJek
Salah seorang pengemudi Gojek nekat berlari ke arah lokasi ledakan untuk menyelamatkan seorang wanita. Dari foto yang beredar tampak seorang wanita masih mengenakan helm dan mengalami luka dibagian kaki. Pengemudi itu kemudian membawanya ke pinggir jalan menjauh dari lokasi ledakan

Tukang Sate Jamal
Salah satu “warrior “ lain dalam peledakan bom kawasan Sarinah adalah tukang sate pak jamal. Meski tidak beraksi melawan pelaku pengeboman, ataupun menolong para korban, tapi ketenangannya saat peristiwa pengeboman dengan tetap berjualan memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi warga Jakarta.
ketenangan dan keberanian beliau yang tidak lari meski hanya berjarak 100 m dari lokasi baku tembak ramai diperbincangkan di media sosial, menjadikan ketenangan dan keberaniannya secara tidak langsung memotivasi banyak warga Jakarta untuk tetap tenang dan tidak takut pada pelaku teror.

Satpam Skyline Wiwin Hermawan dan Ikhwani
Warrior lainnya adalah satpam di gedung Skyline yang bernama Wiwin Hermawan dan Ikhwani, sempat menolong seorang pengunjung yang mengalami luka di kaki akibat ledakan bom pertama. Wiwin berpapasan dengan dua pelaku pengeboman. Keduanya mengacung-acungkan pistol dan memaki-makinya.
“Dimaki-maki dengan ucapan kasar, kemudian disuruh pergi,” kata Wiwin.
Pelaku kemudian melompati pagar dan melepaskan beberapa tembakan ke pelanggan Starbuck yang merupakan warga negara asing. Pada saat bersamaan pelaku lainnya juga melepaskan tembakan ke warga negara asing lainnya di area parker di depan Starbuck.
Menurut Ikhwani, saat terjadi ledakan pertama dirinya langsung mengevakuasi orang-orang yang berada di dalam Starbuck.
Tentu masih banyak ‘warrior-warrior’ lainnya yang turut berjasa dalam penanganan insiden peledakan kawasan Sarinah, masih banyak polisi dan TNI yang berjasa yang tidak bisa diungkapkan satu persatu.
Berkat keberanian para Warrior inilah Indonesia dengan cepat membereskan insiden peledakan dan hanya dalam beberapa jam Jakarta segera normal kembali seperti tidak pernah terjadi insiden pemboman.

Terimakasih para warrior-ku sekali lagi KAMI TIDAK TAKUT

http://jakartagreater.com/the-jakarta-warriors/

0 Response to "The Jakarta Warriors, Sosok-sosok Pahlawan pada Tragedi Sarinah"

Post a Comment