100 Tahun Lagi, Hanya 5 Negara yang Punya Cadangan Minyak Bumi, Indonesia?


Pertumbuhan populasi manusia yang tak dapat dibendung membuat kebutuhan energi makin meningkat dari tahun ke tahun. Ketersediaan minyak bumi yang seyogyanya adalah sumber daya alam (SDA) yang tidak terbarukan diyakini hanya sanggup bertahan di Bumi selama 300 tahun lagi. Yang lebih parah, hanya ada beberapa negara yang memiliki cadangan minyak pada 100 tahun mendatang.
Seperti dikutip dari laporan BP Statistical Review, Jumat (12/07/2013), ini dia negara-negara penguasa minyak di masa depan.

Kuwait
Tahun ini Kuwait memiliki cadangan minyak mencapai 101,50 miliar barel. Jumlah tersebut mengisi 6,08 persen dari total cadangan minyak Bumi. Angka tadi menempatkan Kuwait sebagai negara kelima pemilik minyak terbanyak di dunia.
Kendati demikian, Kuwait terancam kehilangan seluruh minyak mereka 109 tahun lagi karena kebutuhan dan konsumsi minyak negara itu. Produksi yang digenjot bahkan membuat Kuwait berisiko kehilangan ‘emas hitam’ lebih cepat.

Iran
Banyak rumor yang menyebut Iran diincar banyak pihak, lantaran cadangan minyak bumi negara ini sangat berlimpah. Mengenai cadangan minyak, memang benar adanya. Iran yang berada di posisi ke empat dalam kategori ini memiliki simpanan 157 miliar barel dan mendominasi 9,41 persen cadangan minyak di Bumi.
Sedikit lebih lama dari Kuwait, pakar memperkirakan Iran akan kehabisan minyak mereka setelah 117 tahun lagi.

Kanada
Tanpa banyak diketahui publik, ternyata Kanada memiliki cadangan minyak bumi berlimpah. Saat ini total simpanan minyak mereka berkisar 173, 90 miliar barel yang lantas menempatkan Kanada di posisi 3 pemilik cadangan minyak bumi terbanyak.
BP Statistical Review mencatat dengan produksi dan konsumsi minyak bumi rakyat Kanada saat ini, minyak bumi Kanada baru akan habis setelah 127 tahun lagi.

Irak
Perang saudara dan konflik kawasan berkepanjangan membuat Irak kini banyak berubah. Kejayaan negara itu porak-poranda seketika. Namun, di bawah lapisan-lapisan Bumi Irak terdapat cadangan minyak yang cukup banyak. Pakar mencatat ada sekitar 150 miliar barel di sana yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.
Namun, minyak bumi di Irak tak juga akan abadi. BP Statistical Review memperkirakan cadangan itu hanya akan bertahan selama 132 tahun.

Venezuela
Sebanyak 17,83% cadangan minyak bumi di dunia ada di perut Venezuela yang saat ini mencapai 297,60 miliar barel. Dengnan cadangan sebanyak itu minyak Venezuela baru akan habis setelah 299 tahun lagi.

Bagaimana dengan posisi Indonesia?
Indonesia saat ini ternyata hanya memiliki cadangan minyak bumi sekitar 3,7 miliar barel. Jumlah itu menempatkan negeri ini pada peringkat 28 negara yang memiliki cadangan minyak paling besar. Namun BP Statistical Review memperkirakan minyak Indonesia saat ini bakal habis 11 tahun lagi

sumber

0 Response to "100 Tahun Lagi, Hanya 5 Negara yang Punya Cadangan Minyak Bumi, Indonesia?"

Post a Comment