Bola buatan napi Indonesia akan ditendang di Piala Dunia Brasil


Di balik stigma negatif terhadap narapidana, ada sisi positif yang mereka lakukan. Salah satunya memproduksi bola yang kemudian berhasil diekspor ke sejumlah negara di Eropa.
Direktorat Bina Narapidana dan Pelayanan Tahanan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Tuti Nurhayati mengatakan, sudah banyak produk hasil karya narapidana yang diekspor keluar negeri. Salah satunya bola. Dia mengklaim, bola yang diproduksi narapidana Indonesia akan digunakan di gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil.
"Itu produksi bola kita sudah mulai MoU dengan perusahaan tahun 1990-an. Itu ekspor ke Eropa, Brasil. Pertandingan luar negeri itu di Brasil nanti pakai bola produk narapidana kita," ucap Tuti ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (11/12).
Dalam proses produksinya, narapidana atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan mendapat bahan dan peralatan dari perusahaan rekanan. Namun Tuti tidak menyebut nama perusahaan yang memberi modal kepada narapidana.
Menurut Tuti, lapas yang telah memproduksi bola sejak 1990-an antara lain Lapas Cirebon dan Majalengka.
"Lapas Cirebon, Majalengka. Modal awal dari perusahaan, bahan dan peralatan segala perusahaan. Dikerjakan di lapas oleh warga binaan. Mereka dilatih dulu, diberikan pekerjaan itu sampai jadi," tutupnya.


http://www.merdeka.com/uang/bola-buatan-napi-indonesia-akan-ditendang-di-piala-dunia-brasil.html

0 Response to "Bola buatan napi Indonesia akan ditendang di Piala Dunia Brasil"

Post a Comment