Tak Ada Lagi Naturalisasi Pemain Sepakbola


Kepala Badan Tim Nasional Indonesia La Nyalla Mattalitti mengatakan, untuk menghadapi Piala AFF 2014, PSSI tidak akan lagi menjalankan program naturalisasi pemain.
"Tidak ada (naturalisasi). Sudah cukup. Kita tidak butuh, masih banyak pemain-pemain kita yang lebih bagus," kata La Nyalla, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (7/12/2013).
"Kita jangan terlalu membiasakan, kita harus berubah. Karena banyak bakat-bakat kita (yang belum dimaksimalkan)," La Nyalla menegaskan.
Dalam dua pelaksanaan Piala AFF terakhir, yakni pada tahun 2010 dan 2012, PSSI selalu melakukan naturalisasi pemain.
Pada 2010, ada dua pemain yang masuk timnas lewat jalur naturalisasi, yakni Christian Gonzales dan Irfan Bachdim. Pada tahun itu, Indonesia yang dilatih Alfred Riedl, mampu masuk final, sebelum akhirnya dikalahkan Malaysia dengan skor agregat 2-4 (kalah 0-3 di Kuala Lumpur, menang 2-1 di Jakarta).
Pada 2012, ada tiga pemain naturalisasi yang bergabung, yakni Raphael Maitimo, Tonnie Cussel dan Jhonny Van Beukering. Indonesia yang kala itu diasuh Nil Maizar, gagal lolos dari fase grup.

http://bola.kompas.com/read/2013/12/07/1351139/PSSI.Tak.Ada.Lagi.Naturalisasi.Pemain?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kblwp

0 Response to "Tak Ada Lagi Naturalisasi Pemain Sepakbola"

Post a Comment