Indonesia Saat Ini Zaman Edan


Saat ini Indonesia berada dalam zaman edan. Hal tersebut terlihat dari berbagai fenomena yang terjadi di Tanah Air, seperti kekayaan yang diperoleh tanpa bekerja, berpolitik tanpa prinsip, berbisnis tanpa moralitas, hingga ibadah tanpa pengorbanan.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto dalam Dialog Kebangsaan di Universitas Lampung (Unila). Di hadapan sekira 4.500 mahasiswa, Wiranto mengangkat topik perubahan menuju Indonesia yang lebih baik lewat pemimpin yang tepat.

"Agar bisa berubah, Indonesia butuh mimpi. Paling tidak ada dua mimpi yang harus dimiliki, yakni kebebasan. Mimpi kedua, yaitu Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," ujar Wiranto di Kampus Unila, Lampung, Sabtu (7/12/2013).

Menurut Wiranto, zaman edan yang melanda Indonesia berasal dari sejumlah permasalah. Pertama, masyarakat mendewakan sumber daya alam. Padahal bukan sumber daya alam bukan modal utama suatu negara untuk bisa maju.

Persoalan kedua ialah demokrasi salah makna. "Demokrasi bukan sasaran. Bukan hanya sistem yang harus direformasi, tapi juga reformasi akhlak dan moral pelaku demokrasi. Sementara persoalan ketiga terkait kepemimpinan. Sebab, perubahan adalah tanggung jawab pemimpin. Perubahan terjadi kalau ada pemimpin yang kuat," jelasnya.

Untuk itu, kata Wiranto, paradigma masyarakat Indonesia perlu diubah. Agar mampu bersaing di tingkat global, masyarakat harus memiliki kreativitas dan kemampuan berinovasi.

"Solusinya adalah menguatkan sumber daya manusia. Contohnya Singapura. Tanpa kekayaan alam, mereka bisa maju karena kualitas sumber daya manusianya. Ada perubahan paradigma, yang dibangun daya kreativitas dan inovasi," tutur Wiranto.

Dia menilai, sudah menjadi tugas para intelektual, termasuk mahasiswa dalam mengawal perubahan yang dilakukan oleh pemimpin. Salah satunya dengan menjadi agen sosialiasi terkait demokrasI mengingat minimnya pengetahuan masyarakat terkait hal tersebut. "Dengan intelektualitas, kita harus ambil bagian dari pembangunan Indonesia," imbuhnya.

http://kampus.okezone.com/read/2013/12/07/373/908833/indonesia-saat-ini-zaman-edan

0 Response to "Indonesia Saat Ini Zaman Edan"

Post a Comment