Seiring waktu Yamaha Indonesia tumbuh dan berkembang pesat
hingga menginjak usia ke-40. Sejak beroperasi dari Juli 1974 hingga 2014
ini Yamaha Indonesia mencatat sudah memproduksi 30 juta unit motor.
Jika
di awal kehadirannya di Indonesia sport dan bebek menguasai, makan
dalam kurun waktu 5 tahun terakhir , yakni 2010 hingga Juni 2014, motor
matic menjadi penyumbang terbesar penjualan Yamaha, yakni 52,9 persen,
bebek 32,5 persen, dan sport 14,6 persen.
Pamor Yamaha bisa
dibilang kian mencuat sejak lahirnya Mio. Hadirnya Mio memberikan
perubahan besar di pasar Indonesia karena menjadi tren dan favorit
konsumen yang melegenda sepanjang masa. Diperkenalkan perdana di tahun
2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio
mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia
tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011.
Pangsa pasar Mio terus
berkembang sehingga jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul
pertama kali di 2003 hingga Mei 2014 menyentuh 8 juta unit. Citra Mio
pun diabadikan dalam berbagai event prestisius seperti kunjungan Miss
Universe ke Indonesia. Setelah Mio, lahir matic-matic Yamaha lainnya
Xeon, Mio Fino, Mio J, Soul GT, Mio GT, X-Ride dan GT125.
Sementara
di segmen sport, tahun ini Yamaha menggebrak dengan meluncurkan dua
jagoannya, R15 dan R25. Sudah lama dinantikan dan akhirnya mimpi itu
terpenuhi, membuat konsumen agresif memburunya. Strategi menjual lewat
inden online berhasil mencetak sejarah dalam penjualan sepeda motor di
Indonesia dimana ribuan unit langsung ludes dalam satu hari. Antusiasme
besar konsumen berlanjut di 'pasar nyata' baik di diler maupun event
Yamaha dimana sebagian besar konsumen melakukan pembelian.
Seperti
di launching R15 dan R25 yang dilakukan Yamaha pusat maupun area-area
dan bagaimana momen Jakarta Fair menjadi saksi meledaknya penjualan R15
dan R25 hingga ratusan unit. Bahkan R15 penjualannya tertinggi
dibandingkan tipe motor lainnya termasuk dari segmen matic. Dari data
Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), di bulan Mei yang
merupakan bulan pertama catatan penjualan R15, ada 5.394 unit yang
terjual.
Hadirnya
R15 dan R25 memperkuat segmen sport Yamaha, dengan V-Ixion masih tetap
jadi Raja Motor Sport Indonesia. Sejak kemunculan perdananya di 2007
hingga Mei 2014 V-Ixion sudah terjual 1,7 juta unit. Motor sport ini
manjadi salah satu pendorong dan penguat lahirnya R15 dan R25.
Di
segmen bebek, Yamaha berinovasi melahirkan Jupiter Z1 dibekali teknologi
injeksi dan terbukti menjadi motor injeksi pertama yang menjuarai
Indoprix, kompetisi balap motor bebek road race tertinggi di Indonesia.
Sementara
Jupiter MX pun tercatat sebagai bebek Yamaha dengan penjualan
terbanyak. Update terbaru di tahun 2014 ini (Januari - Mei) sebanyak
90.705 unit. Tahun lalu pun Yamaha meluncurkan Force, jenis bebek yang
memperkuat barisan motor injeksinya.
http://www.merdeka.com/otomotif/40-tahun-di-indonesia-30-juta-motor-yamaha-wara-wiri-di-jalan.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete