Singapura negara tersehat, Indonesia di posisi 90


Sebuah laporan dari Bloomberg (PDF) yang memanfaatkan data dari PBB, World Bank dan World Health Organization memeringkat Singapura sebagai negara paling sehat di dunia, demikian dilansir oleh The Independent.

Untuk memeringkat skor kesehatan masing-masing negara dengan komprehensif, Bloomberg Rankings menggunakan skor kesehatan dan skor risiko kesehatan. Peringkat sebuah negara ditentukan oleh berkurangnya skor kesehatan oleh skor risiko kesehatan.
Business Insider menyebutkan skor kesehatan berhubungan dengan tingkat kematian sebuah negara, sementara skor risiko kesehatan berhubungan dengan berbagai faktor yang dianggap menyebabkan sakit misalnya persentase remaja yang merokok dan jumlah orang yang diimunisasi.
Singapura bisa meraih skor sempurna sehingga tampil di puncak dengan nilai 89,45 persen. Di peringkat ke dua adalah Italia dengan skor 89,07 persen, kemudian Australia di posisi ke tiga dengan skor 88,33 persen.
Negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris Raya tidak masuk 20 besar. Inggris persis berada di posisi ke-21 dengan skor 76,84 persen sedangkan Amerika Serikat nangkring di peringkat ke-33 dengan meraih skor 66,84 persen.
Indonesia berada di posisi ke-90 dengan nilai 33,10 persen, lebih buruk daripada negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia (posisi ke-51 dengan nilai 54,91 persen), Vietnam (posisi ke-62 dengan nilai 51,99 persen), Thailand (posisi ke-77 dengan nilai 44,82 persen), Filipina (peringkat ke-86 dengan skor 37,41 persen).
Pada peringkat bawah bertengger Swaziland di Afrika yang dianggap sebagai negara paling tidak sehat di dunia ini dengan skor 0,26 persen. Negara di Afrika lainnya seperti Republik Demokratik Kongo, Chad dan Mozambik mendominasi urutan sepuluh dari bawah.
Sementara itu World Economic Forum (WEF) seperti dikutip HealthAim.com mengomentari daftar itu dengan mengatakan,"Data itu bisa digunakan sebagai panduan bagi para pembuat kebijakan yang mungkin ingin melihat bagaimana praktik kesehatan di negara-negara yang meraih skor tinggi untuk meningkatkan skor kesehatan di negara mereka masing-masing."


http://beritagar.id/artikel/kesehatan/singapura-negara-tersehat-indonesia-di-posisi-90

0 Response to "Singapura negara tersehat, Indonesia di posisi 90"

Post a Comment